Arus Mudik Lancar, Dishub Kaltim Sebut Belum Ada Lakalantas Renggut Korban Jiwa

Arus Mudik Lancar, Dishub Kaltim Sebut Belum Ada Lakalantas Renggut Korban Jiwa

Samarinda – Gelombang arus mudik lebaran tahun ini  meningkat seiring dengan dilonggarkan kebijakan mudik oleh pemerintah.

Di Kaltim sendiri, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kaltim AFF Sembiring mengatakan arus mudik tahun ini berlangsung aman dan lancar. Kendati demikian, kata dia, masih terjadi kecelakaan.

“Kita berharap untuk nihil kecelakaan di mudik lebaran tahun ini. Tapi, masih ada kecelakaan tunggal maupun kecelakaan motor dan mobil. Kejadian itu tetap kita masukkan dalam laporan pemantauan arus mudik,” ujarnya, Selasa 3 Mei 2022.

Terkait dengan terjadinya kecelakaan lalulintas saat arus mudik, lanjutnya, Dinas Perhubungan Kaltim bersama dengan instansi terkait telah melakukan upaya pencegahan. Seperti melalui imbauan dan sosialisasi kepada para pemudik dan masyarakat.

Hingga saat ini belum ada kecelakaan yang merenggut korban jiwa.

Dari pantauan Dinas Perhubungan Kaltim saat hari pertama dan kedua IdulFitri 1443 Hijriah, arus lalulintas darat terpantau lancar.

Dari beberapa titik pantau dan Posko Pelayanan Mudik Lebaran, seperti di Posko Terpadu Simpang Tiga Pendopo Odah Etam Jalan Gajah Mada Samarinda, kondisi arus lalulintas secara umum terpantau sepi dan lancar, dengan kondisi cuaca mendung.

Posko Terpadu Penajam Paser Utara mencatat, adanya kecelakaan lalulintas sebelum memasuki hari raya. Dimana, kecelakaan juga terjadi di Balikpapan pada tanggal 1 Mei 2022.

Untuk itu, AFF Sembiring mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu berhati-hati, waspada dan tertib berlalulintas. “Taat berlalulintas agar bersama-sama menjaga keselamatan di jalan. Apalagi dalam suasana mudik lebaran. Jangan sampai melebihi kecepatan di atas rata-rata, sehingga mengakibatkan kecelakaan,” pesannya.

,