Dirlantas Polda Kaltim Beberkan Alasan Contraflow di Tol Balsam

Balikpapan – Contraflow dilakukan jajaran Dit Lantas Polda Kaltim untuk mengurai kemacetan di kawasan Jalan Mulawarman Balikpapan Timur. Di mana, para pengguna kendaraan bermotor dari arah Sepinggan Balikpapan Selatan, menuju Manggar Balikpapan Timur dialihkan melewati Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam), pada Kamis (5/5/2022) siang kemarin.

Untuk diketahui, pada hari sebelumnya terjadi kemacetan panjang di wilayah tersebut. Sehingga, jajaran Polantas harus melakukan contraflow agar kemacetan itu tidak terjadi.

BACA JUGA  Hadiri Tabligh Akbar, Kapolda Kaltim Ajak Masyarakat Wujudkan Pilkada 2018 Aman dan Kondusif

Dirlantas Polda Kaltim, Kombes Sonny Irawan menjelaskan,pihaknya tidak mau kemacetan serupa terjadi kembali sehingga dilakukan pengalihan arus.

“Iya hari ini (Kamis) kami terapkan pengalihan arus lalu lintas masuk ke Jalan Tol Manggar untuk mengurai kemacetan. Karena berkaca kejadian kemarin kemacetan sangat panjang,” katanya melalui sambungan telepon, melansir dari Inibalikpapan.com–Jaringan Suara.com, Jumat (6/5/2022).

BACA JUGA  Cegah Paham Radikal, TNI-Polri di Paser Laksanakan Sambang Ke Tokoh Agama

Selain itu penerapan pengalihan arus itu sebagai uji coba persiapan puncak liburan yang diprediksi pada akhir pekan ini. Menurutnya, penumpukan kerap terjadi di exit Tol Manggar, karena berlawanan dengan arus lalu lintas dari arah Manggar, Balikpapan Timur, menuju pusat Kota Balikpapan.

“Ya memang di situ terjadi penumpukan karena ada traffict light. Makanya kami matikan traffict lightnya terus kami alihkan ke dalam Jalan Tol Manggar sepanjang 1 kilometer, terus balik lagi ke pintu keluar supaya nggak crossing kendaraannya, jadi nggak perlu lagi pengaturan anggota dan lampu merah dinyalakan. Jadi untuk mengurai kemacetan,” tandasnya.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password

%d blogger menyukai ini:
Send this to a friend